Diinisiasi Kapolda, Program Jaga Kampung di Pelalawan Membuahkan Hasil

- Jumat, 24 Juli 2020 | 21:06 WIB
IMG-20200724-WA0093
IMG-20200724-WA0093

HALUANRIAU.CO, PANGKALAN KERINCI - Kapolda Riau, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi kembali mengunjungi Kabupaten Pelalawan, Jumat (24/7). Kali ini, Kapolda memimpin panen raya di atas lahan yang diolah masyarakat melalui Program Jaga Kampung.

Lahan seluas 13 hektare itu berada di Kelurahan Pangkalan Kerinci Barat, Kecamatan Pangkalan Kerinci. Di sana, sejumlah kelompok tani memanfaatkan lahan yang sebelumnya tidak termanfaatkan.

Tanah itu mulai diolah sejak awal Mei 2020 lalu. Melalui program yang diinisiasi Kapolda Riau itu, kelompok tani diberi bantuan berupa bibit tanaman, bibit ikan, alat pertanian, dan lainnya.

"Saya datang ke sini 74 hari lalu, tepatnya 5 Mei 2020. Hari ini, 24 Juli 2020, saya datang lagi. Seperti yang saya janjikan, saya hadir lagi saat panen," ungkap Kapolda di hadapan masyarakat dan tamu undangan yang hadir.

Adapun lahan pertanian yang dipanen saat itu, diketahui diolah oleh Kelompok Tani Harapan Jaya. Mereka menanam tanaman jagung manis, terong ungu, gambas, dan lain-lain. Tanaman itu tumbuh subur.

"Terima kasih sudah menanam dan memelihara tanaman ini. Harus kita pertahankan," harap mantan Deputi Siber pada Badan Intelijen Negara (BIN) itu.

Lewat program Jaga Kampung, Kapolda ingin menguatkan ketahanan pangan masyarakat. Terlebih di tengah wabah Covid-19 seperti saat ini.

Selain bisa memenuhi kebutuhan pangan sendiri, masyarakat juga bisa menjual hasil pertanian mereka. Tentu ini juga menambah penghasilan ekonomi.

Polda Riau pun ikut mencarikan pembeli yang bersedia membeli hasil pertanian masyarakat dengan harga yang sepantasnya, bukan harga para tengkulak yang kerap merugikan petani.

Menurut Kapolda, jika pangan masyarakat sudah memadai dan mencukupi, hal ini bisa menjadi modal dalam menghadapi dinamika kehidupan, khususnya saat pandemi virus.

Usai memberi kata sambutan, Kapolda turun ke kebun jagung. Di bawah guyuran hujan, Agung ikut memanen langsung.

"Gerakan Jaga Kampung sudah bergerak di semua Kabupaten/Kota di Riau. Sudah semakin luas lahan yang kita kelola untuk menjaga ketahanan pangan. Ini program untuk membuat kampung kita kuat, lalu pangannya cukup, dan masyarakatnya sehat," sebut Agung.

Dia ingin, program yang harus dilakukan secara bersama ini, bisa terus berlangsung.

"Sekarang luasan yang sudah kita kelola lebih dari 200 hektare. Kita akan kelola dengan budidaya palawija dan yang lain," sebut Kapolda.

"Kita tidak berhenti di sini. Hasil panen raya hari ini akan kita distribusikan kepada penjual jagung bakar di Pekanbaru. Ini akan jadi rangkaian tidak terputus. Inilah rantai kehidupan kita di Riau," sambungnya.

Agung menambahkan, pihaknya berkomitmen untuk mengangkat para petani, yang selama ini lemah karena ditekan tengkulak. Maka sekarang, Polda Riau juga mencoba mencarikan pembeli yang sesuai harapan para petani.

"Kita pertemukan para petani dan pedagang. Hari ini dari 13 hektare, ada jagung, terong, gambas, dan lain-lain. Semua kita panen hari ini," pungkas Agung.

Di tempat yang sama, Gubernur Riau, Syamsuar yang ikut dalam kegiatan panen raya ini, menyampaikan apresiasinya kepada jajaran Polda Riau.

"Alhamdulillah hari ini sudah ada hasilnya. Para petani seperti inilah yang ke depan bisa jadi contoh," ujar Gubri.

Gubri berharap, terhadap tanah yang masih terlantar di kampung-kampung di Bumi Lancang Kuning, bisa dikelola. "Ini juga menjadi bagian menggerakkan ekonomi, memulihkan ekonomi. Terimakasih Pak Kapolda dan jajaran," tandas Gubri.

Penulis : Dodi Ferdian

Editor: Dodi Ferdian

Terkini

Cara Budidaya Tanaman Cabe Pelangi bagi Pemula

Sabtu, 2 Oktober 2021 | 15:53 WIB

Harga TBS Sawit Turun Rp50,68 per Kg

Rabu, 12 Februari 2020 | 13:11 WIB

Harga CPO Mulai Bangkit

Rabu, 5 Februari 2020 | 08:50 WIB

2020, Dana Pungutan Sawit Diinvestasikan di SUN

Senin, 20 Januari 2020 | 11:12 WIB

Harga TBS Kelapa Sawit di Riau Naik

Jumat, 3 Januari 2020 | 06:48 WIB

Gubri: Tidak Ada Lagi Sawit di Lahan Gambut

Selasa, 24 September 2019 | 10:41 WIB

Bupati Kampar Resmikan Pabrik Kelapa Sawit di Tapung

Senin, 9 September 2019 | 10:34 WIB
X