Pemuda Pulau Kumpai Gotong Royong Bersihkan Tiga Musala

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU-Semangat gotong royong masih melekat dalam jiwa pemuda Dusun 1 Desa Pulau Kumpai Kecamatan Pangean. Mereka bahu-membahu membersihkan tiga Musala yang ada di tanah kelahirannya, Sabtu (10/4) petang.

Para pemuda kebanggan Jalur Linggar Jati itu pun tak membutuhkan waktu lama untuk membersihkan tiga Musala tersebut. Hanya berkisar lebih kurang dua jam, sekeliling Musala bersih dari rerumputan liar dan semak-semak.

Related posts

Jalan ke Musala yang sebelumnya dipenuhi bunga rumput, kini tampak bersih ditimbun dengan batu. Air yang menggenang di sekitaran Musala sudah dialirkan ke parit sekitar.

Semangat para pemuda ini didasari sebab ke tiga Musala itu nantinya akan menjadi tempat dimana masyarakat akan menunaikan solat Tarawih berjamaah serta Tadarus Quran, serta kegiatan ibadah yang biasa dilakukan di Bulan Suci Ramadhan.

Koordinator Pemuda Dusun I Pulau Kumpai Roni, menyebut bahwa kegiatan pemuda merupakan aktifitas rutin dilakukan dalam menyambut bulan suci Ramadhan. Membersihkan Musala merupakan salah satu bentuk partisipasi, dimana pemuda dapat menyumbangkan tenaga.

“Dalam rangka menyambut Bulan Suci Ramadhan, kegiatan gotong royong ini bentuk dari salah satu partisipasi kami sebagai pemuda Pulau Kumpai. Disini ada tiga Musala, dan semuanya sudah kami bersihkan pekarangannya,” kata pria yang akrab disapa Siroy.

Ketiga Musala yakni Musala Az-Zainab, Musala Dinullah, dan Musala Darul Ma’wah. Ketiga Musala ini nantinya akan dipenuhi urang kalupuak (warga setempat) untuk solat Tarawih dan Tadarus.

“Surau (Musala) ini akan menjadi tempat Sumbayang Tarawiah (Solat Tarawih), yang akan datang tuh orang tua kita, abang adik, etek (tante), tino datuak (nenek kakek), kalau Surau semak takutnya ada binatang berbisa yang bisa membahayakan mereka,” jelasnya Siroy dengan logat Pulau Kumpainya.

Sementara itu, salah seorang pemuda Dusun I Pulau Kumpai, Raja Sumardan, menambahkan bahwa sampai saat ini pemuda masih tetap solid dan masih menjaga rasa gotong royong.

“Namanya pemuda, salah satu partisipasi itu berupa tenaga, apa yang kami lakukan ini demi keselamatan dan kenyamanan masyarakat Desa Pulau Kumpai. Disini kami masih meningkatkan rasa kebersamaan,” sambung pria akrab disapa Mak Mondan.

Dengan apa yang telah dilakukan, para pemuda berharap memberikan manfaat yang baik bagi masyarakat Desa Pulau Kumpai. Kedepannya, para pemuda akan berpartisipasi untuk kemajuan tanah kelahiran.

Penulis : Akmal