Kasus Positif Covid-19 Terus Meningkat, Dari Klaster Keluarga dan Hasil Screaning

Pekanbaru-Kasus penambahan pasien terkomfirmasi positif di Riau kembali mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Biasanya penambahan dibawah 200, namun namun untuk hari ini, Jumat (2/4), bertambah sebanyak 203 kasus, yang tersebar di seluruh wilayah Riau, total terkomfirmasi 35.154 kasus.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir, mengatakan, kenaikan kasus positif di Riau ini sudah kenyataan yang terjadi dilapangan. Masih banyak masyarakat yang mulai abai terhadap protokol kesehatan. Sehingga menyebabkan kasus pasien terkonfirmasi positif di Riau kembali naik dalam seminggu ini.

Related posts

“Kenyataannya seperti itu, bagaimana kita mau manahannya. Kita sudah berkali-kali menghimbau kepada masyarakat untuk tidak lengah, dan tetap mendisiplinkan diri protokol kesehatan, pakai masker, hindari kerumunan, selali mencuci tangan, agar penyebaran kembali turun,” ujar Mimi.

Sejauh ini, kasus terbaru dari penambah terkomfirmasi positif dari klaster keluarga, karena banyaknya acara pesta, pertemuan keluarga yang tidak disiplin protokol kesehatan. Termasuk hasil screaning masyarakat yang akan berangkat dengan menggunakan pesawat, setelah diperiksa rapid antigen terdetekai positif.

“Penambahan masih dari suspek positif Covid, nah dari klaster keluarga juga masih banyak setelah adanya kontak erat dan dilakukan tracing, yang hasilnya juga positif. Dari hasil screaning juga banyak, setiap orang yang berangkat dengan sendirinya, terdeteksi setelah tapid antigen hasilnya positif,” ungkap Mimi.

“Yang sulit itu mendeteksi masyarakat yang berangkat keluar kota melalui jalur darat. Kita tidak tau apakah mereka positif atau tidaknya, setelah kembali. Kalau yang menggunakan pesawat yang datangkan harus ada hasil rapid antigennya jadi bisa dilihat,” kata Mimi lagi.

Sementara itu, untuk kabar baiknya, terdapat penambahan 132 pasien Covid-19 yang dinyatakan sembuh, total yang sembuh 32.824 orang. Sedangkan untuk penambahan 4 pasien yang dinyatakan meninggal dunia karena Covid-19, total 861 orang. nur