Server Komunikasi dan Informasi Rohul Terrsambar Petir

HALUANRIAU.CO, PASIR PENGARAIAN-Akibat angin kencang dan tersambar Petir, Server Komunikasi dan Informasi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hulu (Rohul) mengalami pemurunan kecepatan.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kadiskominfo) Rohul, Yusmar, M.Si, Senin (15/02).

Related posts

Diakui Yusmar, kejadian angin kencang ditambah petir keras terjadi pada Minggu Malam (14/02), sehingga mengakibatkan perangkat server ikut tersambar.

“Awalnya kita tidak tahu, tapi baru ketahuan tadi pagi, Karena servernya kan nggak boleh mati, jadi Harus tetap hidup 24 jam,” kata Yusmar.

Selanjutnya, diakui mantan Kadis Pariwisata Rohul itu, saat ini tim IT tengah melakukan perbaikan atas server yang rusak.

Sementara itu, saat dikonfirmasi ke Kabid E-government Diskominfo Rohul, M Yudi Arfian mengatakan, akibat tersambar petir, salah satu alat router yang digunakan untuk menyalurkan jaringan bandwith di Lingkungan Pemda Rohul mengalami kerusakan.

“Diperkirakan kerugian yang dialami mencapai angka Rp 15 sampai 20 Juta per alat router yang rusak dan akan segera dilakukan pergantian alat,” ungkap Yudi.

Diakui Yudi, peralatan komunikasi tersebut memang sudah dalam keadaan tua, yakni dianggarkan pada 2012 lalu dan belum pernah peremajaan.

“Kita akan segera melakukan peremajaan terkait sejumlah peralatan penunjang distribusi bandwith internet dan intranet di lingkungan Pemda Rokan Hulu,” tambahnya.