Gubernur Riau Kembali Susun Pelantikan Tahap Kedua

PEKANBARU (HR)-Gubernur Riau, Syamsuar, kembali akan menjadwalkan pelantikan pejabat eselon III dan IV dilingkungan Pemerintah Provinsi Riau, untuk tahap kedua, setelah pelantikan 623 pejabat tahap pertama dilantik oleh Wakil Gubernur Riau, Edy Natar Nasution, Selasa (7/1) lalu.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Riau, Ikhwan Ridwan, mengatakan, memang masih ada beberapa jabatan yang kosong di beberapa dinas. Dan saat ini Gubernur Riau, masih menyusun kembali nama-nama pejabat eselon III dan IV yang akan dilantik untuk mengisi jabatan yang kosong, serta merotasi jabatan tang ada saat ini.

Related posts

“Ya kemungkinan ada, sekarang masih di konsultasikan dengan Gubernur. Untuk tahap yang kedua, kita tunggu arahan Gubernur,” ujar Ikhwan Ridwan, Rabu (8/1).

Disinggung berapa banyak jabatan yang kosong dimana ada penggabungan dan pemisahan beberapa satuan kerja organisasi perangkat daerah (OPD), sehingga terjadi demisioner, dan pengisian pejabatnya dilakukan bertahap sesuai dengan kompetensi dan kinerja yang sesuai. Tercatat ada beberap OPD yang di leburkan dan dihilangkan, sehingga masih banyak pejabat lama saat ini tidak mendapatkan jabatan.

Sesuai dengan Struktur Organisasi Tata Kerja (SOTK) baru mulai diefektifkan tahun 2020. Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura, Dinas Perkebunan, dinas Pekerjaan umum penataan ruang dan pemukiman, biro administrasi pimpinan.

“Jadi jangan salah diberitakan, pegawai yang tidak dilantik jangan dikatakan nonjob. Karena memang ada OPD yang dilebur dan dihilangkan, jadi bagi dinas yang pejabat eselon III dan IV nya tidak dilantik yang tidak masuk dalam SOTK baru, bukan berarti nonjob. Tetapi jabatannya tetap, atau ada yang dipindahkan. Sekarang masih didata berapa orang yang akan dilantik kembali,” jelasnya.

Sementara itu, untuk jabatan Plt OPD yang masih kosong seperti Plt Biro administrasi pimpinan, Ikhwan mengatakan, masih di tentukan Gubernur Riau. Dan dalam waktu beberapa hari lagi akan ditentukan Plt biro adpim. Termasuk jabatan pejabat eselon II dilingkungan Pemprov Riau, hasil assement juga masih menunggu rekomendasi KASN.

“Belum dapat dari Gubernur namanya Plt Biro Adpim, kalau sudah sapat di ketik dan baru ditandatangan. Kalau untuk eselon dua juga kita masih menunggu dari KASN,” jelasnya.

Sebelumnya diberitakan, Wakil Gubernur Riau, Edy Natar Nasution, resmi melantik pejabat 623 pejabat eselon III dan IV, dilingkungan Pemerintah Provinsi Riau, Selasa (7/1), di menara Dang Merdu, gedung Bank Riau Kepri. 623 pejabat tersebut terdiri dari 214 eselon III dan 409 eselon IV.

Pelantikan pejabat eselon III dan IV ini sesuai dengan peraturan Gubernur Riau, dan sesuai dengan pasal 25 Peraturan Dalam Negri Nomor 56/2019, yang diamanatkan pelaksanaannya di akhir Desember 2019. Dalam pelantikan ini juga dilakukan penggabungan dan pemisahan beberapa satuan kerja organisasi perangkat daerah sehingga terjadi demisioner, dan pengisian pejabatnya dilakukan bertahap sesuai dengan kompetensi dan kinerja yang sesuai.

 

 

 

Reporter: Nurmadi