Satpol Air Polres Meranti Terbentuk Tahun Ini

 

SELATPANJANG (HR)-Upaya demi upaya agar adanya peningkatan keamanan di jalur perairan wilayah Kepulauan Meranti akan segera dibentuk Satuan Kepolisian Perairan (Pol air) pada tahun 2020 ini.

Related posts

Hal ini sebagaimana di sampaikan Kapolres Kepulauan Meranti AKBP Taufiq Lukman Nurhidayat SIK MH Kepada Media ini Jumat (3/1/2020) Malam lewat pesan whapsahpnya.

Selain itu, Kapolres dan jajaran sudah melakukan pengajuannya di Mabes Polri tepatnya di Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan (Kabaharkam).

“Iya saat ini, dokumen pengajuan Satpol air Polres Meranti sudah di Kabaharkam Mabes Polri, kita tinggal menunggu skate nya turun. Sementara untuk Makonya sudah kita siapkan, tepatnya di samping Satlantas di Jalan Merdeka, ujar AKBP Taupiq Lukman Hidayat SIK MH.

Selanjutnya, Kepulauan Meranti yang identik dengan wilayah perairan, menjadi kendala tersendiri bagi aparat kepolisian dalam menangani berbagai kasus tindak pidana yang terjadi di perairan.

“Selama ini anggota di Pos Pol air yang ada belum bisa bergerak maksimal, belum ada Kasatnya dan masih tergabung ke bagian Sumda, “Kata Kapolres kelima di Kota Sagu.

Mantan Kasubbagluh Ham Bagluhkum Rosunluhkum Divkum Polri itu juga menambahkan jika pembentukan Satpolair di Kepulauan Meranti ini sifatnya mendesak. Meranti tidak sama seperti kabupaten lain di daratan.

Dijelasnya lagi, kabupaten yang berbatasan langsung dengan Provinsi Kepri atau negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia memungkinkan berbagai pihak untuk melakukan bisnis atau kegiatan-kegiatan yang melanggar hukum.

Ia juga mencontohkan kasus Narkoba yang selalu diselundupkan dari Malaysia dengan cara transit di tengah laut dan berbagai kasus kejahatan maritim lainnya. Karenanya, ia yakin jika Satpol Air sudah terbentuk akan dapat meminimalisir berbagai kejahatan di perairan tersebut.

“Mudahan dengan terbentuk Satpol Air nantinya akan meminimalisir tindakan kejahatan diperairan,”Jelasnya.

 

 

 

Reporter : Tengku Harzuin.