Indonesia Empat Kali Gagal ke Final SEA Games

JAKARTA (HR)- Indonesia memiliki rekor buruk dalam semifinal SEA Games. Enam Kali kali tampil di Semifinal, Indonesia gagal sebanyak empat kali dan dua kali ke final.

Sejak cabang sepak bola SEA Games hanya menggunakan pemain di bawah usia 23 pada 2001, Indonesia enam kali melangkah ke semifinal. Dari enam semifinal, tim Merah Putih hanya dua kali berhasil menang dan melangkah ke final.

Related posts

Dua final yang drisakan Indonesia yakni di tahun 2011 dan 2013. Pada 2011 saat Indonesia menjadi tuan rumah, tim Garuda Muda meraih kemenangan 2-0 atas Vietnam lewat gol dari Patrich Wanggai dan Titus Bonai.

Dua tahun kemudian pada SEA Games 2013, Indonesia juga berhasil meraih kemenangan di semifinal dengan menaklukkan Malaysia. Setelah bermain imbang 1-1 di waktu normal, Indonesia memastikan kemenangan 4-3 atas Malaysia lewat adu penalti.

Di empat semifinal lainnya, Indonesia selalu menelan kekalahan. Setelah dua kali kalah dari Thailand pada semifinal 2001 dan 2003, Indonesia kembali kalah dari Thailand pada semifinal SEA Games 2015.

Sementara pada dua tahun lalu di SEA Games 2017, Indonesia dikalahkan tuan rumah Malaysia 0-1 di babak semifinal. Gol telat Thanabalan Nadarajah pada menit ke-86 membuat Indonesia kalah tipis dari tuan rumah.

Namun positif dari kekalahan tersebut, Hanya Thailand (3) dan Malaysia (1) yang mampu menyingkirkan Garuda ke Final.

Indonesia sendiri lolos ke semifinal SEA Games 2019 setelah mengalahkan Laos 4-0 pada laga terakhir Grup B, Kamis (5/12). Hasil itu membuat Indonesia lolos sebagai runner-up Grup B dan akan bertemu Myanmar yang menjadi juara Grup A.

 

Sumber: cnnindonesia/eka