Lima Terduga Teroris Riau Ditangkap

Related posts

PEKANBARU (HR)-Lima orang terduga teroris diamankan di beberapa daerah di Provinsi Riau. Satu di antaranya tewas diketahui tewas ditembak karena melawan petugas.

Pengungkapan itu dilakukan Detasemen Khusus (Densus) 88 Anti Teror Mabes Polri yang didampingi personel dari Kepolisian Daerah (Polda) Riau. Hal itu seperti diungkapkan Kepala Polda (Kapolda) Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, Rabu (13/11).

“Operasi Densus 88 dan Polda Riau mengamankan 5 orang diduga teroris,” ujar Kapolda kepada Haluan Riau.

Dikatakan Kapolda, operasi pengungkapan itu dilakukan di beberapa daerah di Bumi Lancang Kuning. Di antaranya di Kabupaten Kampar, Kota Pekanbaru, dan Kabupaten Siak.

“Operasi sudah dilakukan sejak Sabtu, 9 November 2019,” sebut mantan Deputi Siber pada Badan Intelijen Negara (BIN) itu.

Kendati memastikan hal itu, Kapolda belum bersedia memaparkan identitas para terduga teroris tersebut. Dia berdalih, saat ini petugas masih melakukan pengembangan di lapangan.

“Masih dalam pengembangan oleh tim Densus. Untuk kepentingan pengembangan belum dapat diberikan (disampaikan identitasnya),” imbuh perwira tinggi Polri dengan dua bintang di pundaknya.

Dalam penangkapan tersebut, satu orang terpaksa ditembak karena melakukan perlawanan. Saat ini yang bersangkutan dirawat di Rumah Sakit (RS) Bhayangkara Polda Riau.

Dari informasi yang dihimpun, dalam operasi penangkapan tersebut, petugas mengamankan sejumlah barang bukti. Seperti, pipa yang diduga untuk merakit bom pipa, busur panah, dan sejumlah buku yang berisikan ajaran jihad.

Disinyalir, terduga teroris yang diamankan itu merupakan kelompok Jamaah Ansharut Daulah (JAD). Jaringan tersebut berafiliasi dengan Islamic State in Irak and Syria atau ISIS.

Redaktur: Dodi Ferdian