Kadisdik Pekanbaru: Sistem Zonasi PPDB Mempermudah Masyarakat

PEKANBARU (HR)- Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru memastikan pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2019-2020 dengan sistem zonasi akan memudahkan orang tua yang ingin mendaftarkan anaknya ke sekolah.

“Dengan PPDB menggunakan sistem zonasi masyarakat tidak akan bingung lagi memilih sekolah pilihan. Masyarakat bisa menentukan sekolah terdekat sesuai dengan zona sekolah,” kata Kepala Disdik Kota Pekanbaru, Abdul Jamal, Sabtu (18/5).

Related posts

Selama pendaftaran yang akan dimulai tanggal 1 sampai 4 Juli, Disdik Kota Pekanbaru juga membuka posko informasi. “Langkah Disdik Pekanbaru ini untuk meminimalisir aksi Pungli di sekolah. Kami juga sudah minta agar panitia pendaftaran mengumumkan siswa yang diterima melalui sistem online agar masyarakat bisa lebih cepat mengaksesnya,” ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, terhitung tanggal 1-4 Juli seluruh sekolah mulai dari tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang menjadi kewenangan Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru sudah memulai proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2019/2020. “PPDB untuk tahun ajaran baru nantinya akan digelar mulai Pulul 08.00 sampai 12.00 WIB. Jadi setelah proses pendaftaran tuntas tanggal 4 Juli, maka tanggal 5 Juli sudah diumumkan,” katanya.

Sistem zonasi dalam PPDB tahun ini ada beberapa jalur, yakni peserta didik zonasi, kurang mampu, prestasi dan terakhir peserta didik luar kota. “Jalur peserta didik kurang mampu diperuntukan bagi calon peserta didik baru yang memiliki kartu. Diantaranya, Kartu Indonesia Pintar (KIP), Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), Kartu Keluarga Harapan (KKH), Kartu Indonesia Sehat (KIS). Seleksi berdasarkan nilai akhir mata pelajaran US,” pungkasnya.(ckp)