Perolehan Suara Parpol dan Calon di Sukamulya Dihitung Ulang

PEKANBARU (HR)-Rapat pleno terbuka rekapitulasi penghitungan suara Pemilihan Umum tahun 2019 tingkat Kecamatan Sail, diwarnai kegiatan hitung ulang untuk perolehan suara Partai Politik dan suara calon di Kelurahan Sukamulya. Pasalnya, terdapat perbedaan antara jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT), berikut daftar hadir, dengan hasil jumlah suara.

“Ya, kita hitung ulang untuk perolehan suara Parpol dan suara calon. Ada indikasi selisih antara jumlah DPT dan daftar hadir pemilih dengan hasil hitungan jumlah suara di TPS. Makanya kita sarankan untuk membuka kotak kembali untuk dihitung ulang. Hasilnya memang terdapat perbedaan, sekitar 100 untuk keseluruhan,” kata Jasril, Panitia Pengawas Pemilu, Camat Sail, Minggu (21/4).

Related posts

Di Kelurahan Sukamulya terdapat sebanyak 205 Daftar Pemilih Tetap, sedangkan jumlah suara sekitar 300an. Namun demikian, setelah hitung ulang dilaksanakan, seluruh saksi Parpol menyetujui hasil penghitungan ulang yang dilakukan PPK Kecamatan Sail. Dibuktikan dengan membubuhkan tandatangan di kertas perolehan suara Parpol dan dan suara calon.

Pantauan Haluan Riau di lokasi Rapat Pleno yang diselenggarakan di Kantor Camat Sail, Jalan Mulyorejo, sebelum hitung suara Parpol dan suara calon dilakukan, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS), baru saja menyelesaikan rekapitulasi penghitungan suara untuk pemilihan presiden RI. “Sampai sejauh ini untuk di Kecamatan Sail baru menyelesaikan rekapitulasi DPR-RI dari tiga kelurahan, ini yang terakhir yakni Sukamulya. Sebelumnya untuk Sukamaju dan Cinta Raja, sudah selesai. Nanti malam atau besok,( hari ini- red), akan dilanjutkan untuk rekapitulasi untuk DPD (Dewan Perwakilan Daerah),” Kata Zulkifli.S, Ketua PPK Kecamatan Sail, Minggu (21/4) petang.

Zulkifli, menjelaskan, beberapa kesulitan yang dialami saat kegiatan berlangsung, salahsatunya yakni banyaknya form yang harus diisi. Sehingga butuh waktu cukup lama, dari target tiga hari selesai sejak Jumat, namun sampai Ahad,(21/4), pihaknya baru bisa menyelesaikan untuk rekapitulasi DPR-RI. “Masih ada tiga lagi yakni DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kota Pekanbaru, tapi kta yakni ini bisa selesai cepat. Larena sekarang kita sudah buat dua panel rungan rekapitulasi. Jadi harapan kita Senin,(22/4), bisa selesai untuk tiga penghitungan tadi,” jelas Zulkifli.(her)