Gubri: Hasil QC Pilpres Kehendak Allah

Pekanbaru (HR) -Pelaksanaan pemilihan Presiden, wakil presiden dan legislatif secara serentak di wilayah Riau, secara keseluruhan di wilayah Riau berlangsung lancar dan aman. Walaupun ada beberapa Tempat Pemungutan Suara (TPS), ada kekurangan surat suara.

Gubernur Riau, Syamsuar dan Wakil Gubernur Riau, Edy Natar Nasution, bersama unsur Forum Komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda), memantau langsung kondisi pencoblosan dan penghitungan di beberapa wilayah Riau. Dan hasilnya semua berjalan lancar.

Related posts

“Secar keseluruhan sotuasi aman, lancar dan semua tahapan pemilihan berjalan aman, itu yang terpenting,” ujar Syamsuar usai memantau Pilpres dan Pileg.

Sementara itu, disinggung mengenai hasil hitungan cepat (quick count) oleh lembaga survei yang ada, mengatakan hasil survei belum merupakan hasil resmi. Dan ia menghimbau kepada masyarakay untuk tenang dan menunggu hasil resmi dari KPU.

“Untuk pemilihan hasil quick count yang terpilih atau memenangkan Pilpres, tidak terlalu bergembira, itu baru hasil hitungan cepat. Semua ini adalah keputusan Allah,” kata Syamsuar.

Sementar itu, Gubernur Riau, memenuhi kewajibannya mencoblos sebagai warga negara. Syamsuar dan istri, mencoblos di TPS 003, Kelurahan Sukamulya, Kecamatan Sail. Usai pencoblosan, Gubernur Riau Syamsuar mengaku dirinya dan keluarga hanya memilih tiga suara diantaranya suara untuk pemilihan Presiden, DPR RI dan DPD RI.

“Karena kami pindah dari Siak, kami hanya bisa memilih tiga suara pemilihan Presiden, DPR RI dan DPD RI,” kata Gubri, Syamsuar.

Usai mencoblos di TPS 003, Gubri melanjutkan peninjauan di wilayah Kota Pekanbaru. turut mendampingi Wakil Gubernur Riau (Wagubri) Edy Afrizal Natar Nasution, Kapolda Riau Irjen Pol Widodo Eko Prihastopo, Danrem 031/WB Brigjen TNI Muhammad Fadjar, Danlanud Marsma TNI Rony Irianto Moningka, Walikota Pekanbaru Firdaus serta sejumlah pejabat yang ada di lingkungan Pemprov Riau dan Pemko Pekanbaru, Ketua KPU Riau Ilham Yasir.

TPS yang ditinjau diantaranya, TPS 003 jalan Siberut Kelurahan Simpang Empat Kecamatan Pekanbaru Kota. Kemudian TPS 004, Jalan Sumatera, masih di kelurahan dan kecamatan sama serta terakhir TPS 013, Jalan Taman Sari Kelurahan Tangkerang Selatan, Kecamatan Bukit Raya.

Peninjauan ketiga TPS ini, turut mendampingi Wakil Gubernur Riau (Wagubri) Edy Afrizal Natar Nasution, Kapolda Riau Irjen Pol Widodo Eko Prihastopo, Danrem 031/WB Brigjen TNI Muhammad Fadjar, Danlanud Marsma TNI Rony Irianto Moningka, Walikota Pekanbaru Firdaus serta sejumlah pejabat yang ada di lingkungan Pemprov Riau dan Pemko Pekanbaru, Ketus KPU Riau Ilham Yasir.

“Dari peninjauan ini semua terlihat aman dan lancar. Masyarakat juga terlihat antusias. Harapan kami tentu saja masyarakat dapat menggunakan hak suaranya dalam menentukan pilihannya,” kata Gubri.

Untuk peninjauan pertama di TPS 003 jalan Siberut Gubri dan rombongan Forkopimda langsung disambut pejabat kelurahan dan Ketua TPS, Bambang. Di TPS ini, Gubri sempat diberi penjelasan oleh petugas terkait pelaksanaan pencoblosan yang sedang berjalan. Dimana dijelaskan, di TPS 003 Jalan Siberut ini jumlah DPT berjumlah 244 orang.

Kemudian peninjauan di TPS 004 di Jalan Sumatera atau tepatnya berlokasi di halaman sekolah Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1, Gubri mendapatkan penjelasan yang sama terkait pencoblosan yang sedang berjalan. Dimana menurut Ketua TPS Ali Gusti, jumlah DPT di TPS ini berjumlah 146 orang.

Sementara pada peninjauan, di TPS 013 Jalan Taman Sari Kelurahan Tangkerang Selatan Kecamatan Bukit Raya, terdapat 168 DPT. Di TPS ini, Gubri juga berharap kepada Ketua TPS 013 Junaidi beserta jajaran agar prosesi pencoblosan dapat berjalan aman dan lancar.

Usai melakukan peninjauan di tiga TPS, Gubri, Wagubri serta para pejabat Forkopimda yang mendampingi langsung terbang menggunakan helikopter untuk melakukan pantauan langsung ke Kota Dumai dan Kabupaten Indragiri Hulu, Pelalawan, Siak, dan daerah lainnya. (nur)