Komisioner KPU Kabupaten/Kota Ditentukan KPU RI

PEKANBARU (hr)-Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Riau, Ilham M Yasir mengatakan bahwa pihaknya hanya melakukan uji kelayakan dan kepatutan untuk calon komisioner KPU Kabupaten/kota se Riau, namun pihaknya bukan yang memutuskan siapa komisioner yang akan terpilih.

“Hasilnya kami serahkan ke KPU RI, kami hanya melakukan tes, karena yangg akan menentukan terakhir adalah KPU RI sekaligus memberi SK-nya,” kata Ilham Yasir, Senin (25/2).

Related posts

Ia menambahkan, bahwa hasil fit and proper test tersebut nantinya akan dikirim ke KPU RI pada tanggal 27 Februari mendatang.

“Perkiraannya nanti pada tanggal 27 Februari sore atau malam dokumennya harus kami antar ke KPU RI,” cakapnya lagi.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, calon anggota komisioner KPU Kabupaten/Kota se Riau mengikuti fit and proper test atau uji kepatutan dan kelayakan yang ditaja oleh KPU Provinsi Riau, Senin (25/2/2019), di hotel Premier, Pekanbaru.

Dari pantauan, agenda tertutup tersebut dimulai pada pukul 08.00 WIB, para calon komisioner yang sedang menunggu antrian terlihat mengenakan pakaian batik rapi.

Informasi yang dirangkum, fit and proper test akan dilangsungkan selama tiga hari dan dibagi per sesi antar kabupaten. Sebanyak dua orang komisioner KPU Riau yang akan melakukan uji kepatutan untuk satu kabupaten.(ckc)