Banyak Ruas Jalan di Pekanbaru Rusak,APBD-P 2018 Hanya Bisa untuk Tambal Sulam Jalan

PEKANBARU (HR)- Warga Pekanbaru mengeluhkan masih banyaknya ruas jalan kota yang mengalami kerusakan. Lobang menganga di sejumlah titik ruas pun mengintai pengendara. Jika tidak hati-hati bukan tidak mungkin lobang ini membuat pengendara terjatuh.

Pantuan, Minggu (7/10), sejumlah ruas jalan kota yang mengalami kerusakan diantara adalah Jalan Suka Karya, Jalan Purwodadi, Jalan Paus, Jalan Rambutan dan Jalan Darma Bakti.

Related posts

“Takut juga bang kita lewat ini apalagi kalau pas hujan lobangnya nggak kelihatan, kalau ngak biasa lewat jalan sini bisa masuk ke lobang ini,” kata Eko warga Jalan Rambutan yang tempat tinggalnya tidak jauh dari titik lokasi jalan berlobang di Jalan Rambutan, Minggu (7/10).

Menangggapi persoalan tersebut, Kepala dinas PUPR Pekanbaru, Indra Pomi mengatakan, pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan 2018, Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) kota Pekanbaru hanya mempunyai anggaran sebesar Rp1,5 miliar.

Dengan dana tersebut, maka dinas PUPR hanya akan memperbaiki beberapa ruas jalan yang ada di Pekanbaru dengan sistem tambal sulam. Pihaknya akan melakukan perbaikan jalan dilokasi yang benar-benar sudah mendesak untuk diperbaiki. Untuk itu, ia juga sudah menugaskan stafnya untuk memetakan lokasi jalan mana saja yang harus segera diperbaiki.

“Jangan sampai jalan yang sudah rusak cukup parah sampai mengganggu kelancaran arus lalulintas, apalagi sampai menyebabkan kecelakaan. Untuk itu, kami akan fokus dilokasi jalan yang paling rusak dahulu, karena anggaran yang ada cukup minim,” sebutnya.

Indra mengungkapkan, pada APBD 2019 mendatang, pihaknya akan memaksimalkan untuk melakukan perbaikan jalan. Karena ditahun depan, pihaknya mengajukan anggaran sebesar Rp 17 miliar yang saat ini masih terus dibahas dengan pihak Komisi IV DPRD Pekanbaru.

“Tahun depan baru kami akan maksimal melakukan perbaikan jalan, karena dananya juga cukup banyak. Kemungkinan juga bisa melakukan pengaspalan ulang dijalan yang sudah rusak parah, tapi kalau untuk APBD perubahan tahun ini digunakan untuk pengaspalan ulang hanya cukup untuk satu ruas saja,” ujarnya.

Selain fokus pada perbaikan jalan, pada 2019 mendatang pihaknya juga akan fokus mengatasi banjir di kota Pekanbaru. Salah satunya dengan melakukan normalisasi sungai dan beberapa anak sungai yang ada, dimana selama ini cukup menjadi penyebab banjir.

“Mudah-mudahan pembahasan anggaran untuk 2019 bisa berjalan lancar dan sesuai yang diharapkan. Karena masih banyak pekerjaan yang harus kami selesaikan terkait perbaikan jalan dan juga normalisasi sungai di Pekanbaru untuk mencegah banjir,” katanya.(tpc)